Penyakit Kulit Psoriasis – Penyebab dan Tanda-tandanya

Psoriasis merupakan gangguan pada kulit, dimana pergantian sel-sel kulit lebih cepat dari biasanya. Dalam kondisi normal, tubuh membutuhkan waktu sekitar 3 - 4 minggu, sedangkan penderita psoriasis hanya membutuhkan waktu sekitar 3 - 7 hari saja. Ini berarti kecepatannya lebih dari tiga kali (> 3x) lipat.

Penyakit ini dialami oleh hampir 3% penduduk di dunia. Prevalensi yang cukup tinggi. Namun sayangnya, tidak semua orang sudah paham dengan psoriasis. Psoriasis dapat terjadi pada laki-laki maupun perempuan dan semua rentang usia meskipun paling sering mucul antara usia 15 sampai 25 tahun. 

 

Tanda Psoriasis

Secara umum, psoriasis ditandai dengan adanya lesi kulit yang khas, yakni bercak-bercak merah, berkerak, bersisik putih keperakan, dan bengkak. Pada sebagian penderita juga merasakan nyeri dan gatal.

 

Mengenal Penyakit Kulit Psoriasis Berupa Bercak Kemerahan dan Gatal

 

Penyebab Psoriasis

Penyebabnya tidak diketahui secara pasti mengapa hal itu bisa terjadi. Namun, ada beberapa penelitian yang menyebutkan ini disebabkan oleh masalah sistem imun, yang lebih tepatnya adalah autoimun. 

Ketika seseorang mengalami psoriasis, salah satu sistem kekebaan tubuh atau disebut dengan sel T secara keliru menyerang sel kulit yang sehat. Akibatnya, sel kulit tumbuh lebih cepat dan menumpuk di permukaan kulit. Masalah yang terjadi pada sistem imun itu pun tidak diketahui secara pasti, meskipun genetik dan pemicu lingkungan mungkin berperan. 

 

Sumber:

https://www.nhs.uk/conditions/psoriasis/symptoms/ diakses pada 02 Juli 2021

https://www.healthline.com/health/psoriasis/is-psoriasis-an-autoimmune-disease#what-makes-psoriasis-autoimmune diakses pada 23 Juli 2021