Kenali Cara Merawat Luka di Masa Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 menuntut Anda untuk mengurangi bepergian, berkegiatan diluar rumah dan bertemu orang banyak. Ini perlu dilakukan untuk mengurangi angka penyebaran virus.

Dengan kondisi seperti sekarang ini, Anda perlu membekalkan diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan, salah satunya adalah Cara Merawat Luka.  Kemampuan ini bertujuan agar Anda dapat segera melakukan perawatan luka, tidak terburu-buru ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan, serta bijak menentukan waktu untuk mencari bantuan medis. 

Ini adalah daftar isi kotak “First Wound Kit” yang wajib tersedia di rumah:

  1. Gunting
  2. Kasa Steril
  3. Cairan NaCl 0.9%
  4. Salep luka (Metcovazin* Reguler dan Metcovazin Red)
  5. Plaster

Sebelum Anda melakukan perawatan luka, sebaiknya lakukan konsultasi luka terlebih dahulu agar tindakan perawatan yang akan dilakukan dapat sesuai dengan kondisi luka. Lakukan konsultasi di Layanan Konsultasi Luka yang disediakan oleh Metcovazin, bebas biaya.

Cara melakukan perawatan luka di rumah:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yakni isi kotak “First Wound Kit” diatas.
  2. Lakukan cuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan untuk meniminalisir terjadinya infeksi pada luka.
  3. Cuci luka dengan menggunakan cairan NaCl 0.9% dan sabun cuci luka nampak kotor atau infeksi.
  4. Setelah dilakukan pencucian, keringkan dengan kasa steril. Jika warna dasar luka sudah merah, hindari untuk menggosok luka terlalu kuat agar tidak membuat trauma kembali pada luka.
  5. Aplikasikan salep luka secara merata pada luka sampai tidak ada lagi bagian yang nampak dari luar. Salep yang ditempelkan ke luka harus mampu membuat suasana luka optimal (lembab) untuk sembuh. Tidak direkomendasikan hanya menggunakan kasa saja.
  6. Tutup luka dengan kasa steril atau balutan lainnya yang sesuai.
  7. Eratkan dengan plaster yang tidak mengiritasi luka.

 

Saksikan video turotial perawatan luka di: https://youtu.be/0bA-VjA3t4I

_____________________________

*) Metcovazin® telah terbukti secara klinis dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kelembaban luka. Telah digunakan sejak tahun 1998 dan menjadi andalan banyak fasilitas pelayanan perawatan luka di Indonesia.

 

Sumber:

Coorporate University of Wocare Indonesia. (2021). Modul pelatihan perawatan luka. Bogor: Wocare Publishing.

Gitarja, W.S., et al. (2020). Evidence based practice: Tata laksana penanganan luka saat pandemic COVID-19. Bogor: Wocare Publishing.