Langkah Pertama Rawat Luka

Siapa yang masih menggunakan alkohol untuk membersihkan luka? Sayangnya, membersihkan luka menggunakan alkohol tidak dianjurkan karena berfungsi sebagai desinfektan atau menetralisasi kulit, bukan untuk mengobati luka. Lalu apa saja akibatnya jika kita membersihkan luka menggunakan alkohol?

Kerusakan Jaringan Sel

Penggunaan alkohol pada luka terbuka dapat menyebabkan iritasi kulit, mengeringkan jaringan, dan memperlambat proses penyembuhan alami. Hal ini membuktikan bahwa alkohol dapat memperburuk kondisi luka.

Rasa Terbakar dan Nyeri

Penggunaan alkohol pada luka terbuka dapat menyebabkan rasa terbakar dan nyeri yang parah, karena akan menyebabkan ketidaknyamanan dan memperlambat proses penyembuhan.

Selain itu, salah dalam membersihkan luka bisa berujung pada komplikasi luka seperti infeksi, abses, selulitis, hingga sepsis.

Awal pencegahan agar luka tidak infeksi yaitu membersihkan luka menggunakan air mengalir. Setelah dibasuh dengan air, kamu bisa menggunakan sabun khusus luka yaitu Klincare, langkah pertama rawat luka.

Klincare merupakan sabun cuci luka yang mengandung antiseptik dan antimikroba yang mampu membunuh kuman atau bakteri dan membantu membersihkan kotoran yang melekat pada luka.

Kenapa Luka Harus Dibersihkan?

Serpihan kotoan dan bakteri pada luka bisa menyebabkan peradangan, maka dari itu membersihkan luka dapat membantu meminimalkan peradangan, mengurangi rasa sakit, dan ketidaknyamanan saat proses penyembuhan. Dengan mencuci luka kita dapat melihat luka lebih jelas tanpa tertutup dengan kotoran seperti pasir, sehingga kita bisa menentukan pengobatan yang tepat pada area luka.

Area luka yang bersih meningkatkan kondisi optimal untuk proses penyembuhan secara alami. Menghilangkan benda asing dan kontaminan membantu pertahanan tubuh bekerja lebih efektif dalam memperbaiki jaringan yang rusak.

Cara Membersihkan Luka

  1. Basahi area luka dan sekitarnya dengan air bersih
  2. Tuangkan Klincare secukupnya  pada luka
  3. Bersihkan luka secara merata dan hindari menggosok luka terlalu keras
  4. Bilas luka sampai bersih.

Selanjutnya, kamu bisa mengolesi luka dengan Metcovazin untuk membantu proses penyembuhan secara optimal, lalu tutupi luka dengan perban atau plester.

Membersihkan menggunakan sabun khusus luka seperti Klincare menjadi langkah pertama rawat luka, karena akan meminimalisir infeksi, jaringan parut, dan abses pada luka.

Untuk sahabat yang ingin berkonsultasi seputar perawatan luka silahkan hubungi melalui Whatsapp kami untuk membahas lebih lanjut.

 

 

Penulis: Jesica Tamara

Penyunting: Ns. Eviyanti Nurmalasari, S. Kep., CWCC

 

Sumber referensi:

NHS UK. (2021). How do I Clean a Wound. How do I clean a wound? - NHS (www.nhs.uk) diakses pada tanggal 30 November 2023

Health Essentials. (2022). Wound Care : How To Care For An Open Wound Or Cut. health.clevelandclinic.org Diakses pada tanggal 30 November 2023