Pertolongan Pertama Luka Bakar

Semua luka bakar seharusnya diatasi secara cepat untuk menurunkan suhu pada area kulit yang terbakar, tujuannya untuk meminimalisir kerusakan kulit dan jaringan dibawahnya, mencegah terjadinya infeksi, serta mencegah kehilangan cairan tubuh yang berlebih. 

Kunci!

  • Pertolongan pertama sangat memengaruhi perawatan selanjutnya
  • Mendinginkan dengan air mengalir adalah langkah penting dalam pertolongan pertama

1. Hentikan

Hentikan roses pembakaran sesegera mungkin, misalnya mengeluarkan korban dari sumber api, menutup api dengan kain basah atau sesuatu untuk memadamkannya. Pada luka bakar listrik, korban harus diputuskan dari sumber listrik sebelum pertolongan diberikan. Pada proses ini Anda harus memastikan keselamatan Anda sendiri terlebih dahulu.

2. Lepaskan

Lepaskan pakaian atau perhiasan dari area kulit yang terbakar. Namun, jangan mencoba melepaskan apapun yang sudah terlanjur menempel pada kulit karena dapat menyebabkan kerusakan lebih parah. Minta bantuan tenaga kesehatan untuk melepaskannya.

3. Dinginkan

Dinginkan kulit yang terbakar dengan cara aliri air biasa bersuhu 12-18oC (air keran, air mineral) terus menerus selama 20 menit. Manfaat mendinginkan adalah untuk menghilangkan panas didalam kulit, mengurangi nyeri, mengurangi pembengkakan, dan membersihkan luka. Jika dilokasi kejadian tidak ada air, makan gunakan lap basah atau hydrogel (hanya untuk orang dewasa). Proses mendinginkan ini hanya berlaku efektif pada 3 jam pertama setelah luka bakar terjadi. 

Jangan gunakan air es, air panas, ataupun zat yang berminyak seperti mentega! Karena akan memperparah kondisi.

4. Tutup luka bakar

Tutup luka bakar segera setelah proses pendinginan selesai. Menutup luka bakar akan membantu dalam mencegah infeksi, mencegah luka mengering, dan meredakan nyeri.

Dalam kondisi darurat, Anda bisa gunakan plastik wrapping untuk menutup luka bakar sebelum pergi mengunjungi pelayanan kesehatan. Namun, alangkah lebih baik Anda selalu sedia perlengkapan pertolongan pertama untuk mengatasi luka. 

Penggunaan Metcovazin Reguler + Hydrogel adalah kombinasi baik untuk membantu proses penyembuhan luka bakar. Metcovazin Reguler akan mempertahankan lingkungan luka yang lembab, mencegah infeksi, dan menjaga kelembaban luka, sedangkan Hydrogel akan memberikan efek dingin pada luka, sehingga tidak menimbulkan nyeri.

Pada luka bakar yang memiliki luas lebih dari 10% harus segera mendapatkan perawatan dari tenaga medis. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bagian tubuh yang jika mengalami luka bakar harus segera mendapatkan perawatan di pelayanan kesehatan, yakni wajah, leher, kemaluan, dan dada. 

 

Baca Selanjutnya:

Perawatan Luka Bakar Berair (Melepuh)

Luka Bakar Derajat 1, 2, 3

Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

 

Sumber:

Hudspith, J., & Rayatt, S. (2004). First aid and treatment of minor burns. BMJ (Clinical research ed.), 328(7454), 1487–1489. https://doi.org/10.1136/bmj.328.7454.1487

World Health Organization. (). https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/burns