Luka Bakar pada Anak

Pada usia anak, mereka cenderung senang mengeksplore lingkungan sekitar karena rasa ingin tahu yang tinggi. Ada kemungkinan mereka menyentuh benda panas, kontak dengan kabel listrik, dan benda lainnya yang bisa menimbulkan luka bakar.

Luka bakar adalah penyebab utama cedera serius pada anak mulai usia baru lahir hingga 14 tahun. Terutama pada anak usia satu dan dua tahun, mereka paling berisiko tinggi karena keingintahuan alami dan keaktifan mereka. Luka bakar yang ringan bisa para orang tua atasi di rumah, namun pada kasus parah dapat menyebabkan cedera serius dan perlu penanganan yang tepat. (Selalu sedia Metcovazin untuk atasi luka bakar keluarga)

Langkah pertama dalam mencegah luka bakar pada anak adalah dengan memahami bagaimana luka bakar terjadi:

01 Luka Bakar Termal

Disebabkan karena kontak dengan uap panas, cairan panas ataupun benda panas, seperti: minuman panas, air dari thermos, minyak panas, makanan panas, dan api. Anak terkadang tidak tahu mana yang akan membahayakan dirinya ataupun tidak. Dia akan mengambil, memegang, atau mengonsumi apa saja yang ada didekatnya karena rasa ingin tahu, termasuk benda-benda panas.

02 Luka Bakar Radiasi

Disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet atau sinar radiasi. Kegiatan bermain di luar ruangan seperti di pantai dan kolam renang dapat membuat kulit anak terbakar matahari (sunburn). Ditambah lagi kulit anak-anak lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa, sehingga lebih cepat terbakar setelah paparan sinar matahari. Luka bakar karena sinar matahari dapat diketahui setelah beberapa jam kemudian, timbul kemerahan dan nyeri pada kulit, membuat anak menjadi rewel.

03 Luka Bakar Kimia

Disebabkan oleh zat-zat kimia, seperti air raksa (dikenal dengan air keras), asam kuat, alkali, atau bahan kimia lainnya yang merusak jaringan kulit. Hati-hati, beberapa bahan kimia terkandung dalam produk pembersih rumah tangga.  Oleh sebab itu, perhatikan semua bahan kimia harus disimpan dengan aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak, jika memungkinkan lemari penyimpanannya dikunci.

04 Luka Bakar Listrik

Disebabkan oleh sengatan listrik, karena menyentuh kabel, stop kontak, ataupun tersambar petir. Jenis luka bakar ini jauh lebih berbahaya dibandingkan penyebab lainya, karena dapat merusak hingga jaringan kulit paling dalam.

 

Baca selanjutnya:

Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Tips Menghindari Luka Bakar pada Anak

 

Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar