Warna Luka Pada Proses Penyembuhan

Mengapa mengetahui warna luka itu penting?

Pernahkah Anda memperhatikan warna pada luka?  Warna luka akan memberikan banyak informasi penting berkaitan dengan perkiraan waktu penyembuhan luka, kondisi umum luka apakah dalam keadaan baik atau memburuk, dan risiko komplikasi. Mudah saja untuk mengetahui warna luka, yakni Anda dapat perhatikan saat pergantian balutan.

 

 

Pink Muda

Warna pink muda menandakan luka baru/telah menutup. Ini adalah tanda bahwa luka Anda sudah memasuki fase terakhir penyembuhan, yang artinya luka Anda sebentar lagi akan sembuh total. Namun, Anda perlu berhati-hati terhadap jaringan kulit berwarna pink muda ini karena masih sangat rapuh. Untuk mendapatkan kekuatan maksimal, jaringan ini membutuhkan waktu sampai 2 tahun lamanya. Cukup lama bukan?

Oleh karena itu, Anda perlu memberikan perlindungan dari gesekan dan iritan, seperti urin dan feses. Urin dan feses akan memberikan kelembaban yang berkontribusi terhadap kerusakan kulit. Contohnya pada orang yang tirah baring terus menerus dan terdapat luka tekan (ulkus dekubitus) di bokong. Luka tekan yang tadinya sudah menutup berwarna pink muda dapat terbuka lagi karena lembab terkena urin ataupun feses.

Pink/Merah

Luka dengan warna pink atau merah mengindikasikan luka dalam keadaan baik. Dalam istilah medis, jaringan yang berwarna pink atau merah disebut dengan jaringan granulasi. Pembentukan jaringan ini terjadi pada fase proliferasi atau fase ketiga dalam proses penyembuhan luka. Fase ini membutuhkan waktu sekitar 3-12 hari.

Sedangkan, jaringan granulasi yang tidak sehat akan berwarna merah tua, mudah berdarah, dan nampak tanda-tanda infeksi. Luka ini harus diberikan perawatan ekstra. Jika memang ternyata terjadi infeksi, perlu diberikan antimikrobial Metcovazin Silver sebagai upaya untuk meredakan infeksi.

Jangan biarkan jaringan granulasi sehat menjadi kering, tapi berikan hidrasi yang cukup agar bisa bertumbuh dengan optimal. Aplikasikan salep luka yang dapat memberikan hidrasi dan tidak membuat kering. Pilihan produk di Indonesia adalah Metcovazin Red yang berformula aktif Hyaluronate Acid, Chitosan dan Zinc Oxide. 

Kuning

Warna kuning pada luka menandakan luka sedang tidak baik-baik saja. Mengapa begitu? Ini dapat menjadi tanda luka mengalami infeksi.  Jaringan mati berwarna kuning atau biasa disebut dengan slough adalah jaringan mati yang dapat menghambat penyembuhan luka. Slough harus dihilangkan!

Hitam

Hitam pada luka mengindikasikan adanya jaringan nekrotik (mati) disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke luka. Warna hitam ini ada yang berbentuk keras, lembut, kering, tebal, tipis. Sama halnya dengan slough, jaringan nekrotik juga dapat menghambat penyembuhan luka dan harus dihilangkan.

 

 

Sumber:

Grey, J. E., Enoch, S., & Harding, K. G. (2006). Wound assessment. BMJ (Clinical research ed.)332(7536), 285–288. https://doi.org/10.1136/bmj.332.7536.285

Waters, J., Segobiano, A., Brothers, K., & Davis, C. (2014). The colors of wound care. Nursing Made Incredibly Easy!, 12(1), 9–12. doi:10.1097/01.nme.0000435137.441